1.
Perkembangan jarigan komputer sebagai
sarana yang digunakan dalam proses telematika
Konsep
jaringan komputer lahir sekitar Tahun 1940-an di Amerika, dari sebuah proyek
pengembangan komputer Model I di laboratorium Bell dan group riset di Harvard
University, yang dipimpin oleh Prof. H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut
hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama.
Dalam rangka meningkatkan efisiensi kerja maka dibuat proses beruntun (Batch
Processing), sehingga beberapa program dapat dijalankan dalam sebuah komputer
dengan kaidah antrian. Pada Tahun 1950-an, saat jenis computer mulai membesar
hingga terciptanya super computer, maka sebuah computer harus melayani beberapa
terminal. Untuk itu, ditemukan konsep distribusi proses yang dikenal dengan
nama TSS (Time Sharing System). Dengan demikian, bentuk jaringan (network)
computer pertama kali diaplikasikan. Selanjutnya, perkembangan jaringan
komputer global dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan
riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan
organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih
dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga dapat saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Pada Tahun 1972, Roy Tomlinson
berhasil menyempurnakan program e-mail yang diciptakan satu tahun sebelumnya
untuk ARPANET. Program e-mail ini cukup mudah, sehingga langsung menjadi
populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Pada Tahun 1973, jaringan komputer
ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat.
2.
Perkembangan teknologi wireless yang meliputi hardware, sistem operasi dan
program aplikasi yang digunakan pada perangkat wireless
Program yang digunakan
pada perngkat wireless untuk mengakses internet antara lain meliputi: Sistem
Operasi, Web Browser, E-mail Client (mail user agent) dan Instan Messaging
Client.
Sistem Operasi yang
digunakan hendaknya disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan,
perhatikan minimum hardware. Komputer dengan perangkat keras terbaru biasanya
telah mampu menjalankan system operasi Windows XP atau Windows Vista. Selain
menggunakan Windows XP atau Vista, anda juga bias menggunakan system operasi
gratis seperti, Ubuntu, Open SusE dan mandriva. Untuk penggunaan macintosh
biasanya telah terinstal system operasi Mac OS.
Web Browser Adalah
perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan
dokumen-dokumen yang disediakan oleh web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan
berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lainnya, yang dikenal sebagai
Word Wide Web (www). Contoh Web browser antara lain: Internet Explorer, Mozilla
Firefox, Opera dan Safri. Internet Explorer biasanya hanya tersedia pada sistem
operasi windows dari sejak windows 9 sampai dengan windows vista. Sebaiknya,
Mozilla firefox dan opera tersedia pada windows, mac OS maupun Linux. Safari
dulu hanya tersedia untuk Mac OS, kini telah ada versi safari untuk windows.
E-mail Client berfungsi
untuk mengelola e-mail. Contoh e-mail client antara lain Microsoft outlook
express, Microsoft office outlook dan Mozilla thunderbird.
Instant messaging
client sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling
mengirim dan menerima pesan berupa teks. Contoh instant messaging client adalah
ICQ, Yhoo messenger, iChat dan pidgin.
3.
Fitur layout telematika terbagi atas enam macam fitur:
·
Head Up Display (HUD) adalah tampilan
transparan yang menyajikan data tanpa mengharuskan pengguna melihat dari sudut
pandang yang biasa mereka lihat. Asal usul nama berasal dari pilot yang dapat
melihat informasi dengan kepala tegak dan melihat ke depan, bukannya menghadap
ke bawah melihat instrumen yang lebih rendah. Penggunaan HUD dapat dibagi
menjadi 2 jenis :
o
HUD yang terikat pada badan pesawat atau
kendaraan chasis. Sistem penentuan gambar yang ingin disajikan semata-mata
tergantung pada orientasi kendaraan.
o
HMD, helm dipasang yang menampilkan HUD dimana
elemen akan ditampilkan tergantung pada orientasi dari kepala pengguna.
·
Tangible User Interface (TUI) adalah
antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital
melalui fisik lingkungan . Nama awal User Interface Graspable, yang tidak lagi
digunakan. Salah satu pelopor dalam user interface nyata adalah Hiroshi Ishii ,
seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Media Group Berwujud.
Visi tertentu Nya bagi UIS nyata, yang disebutBits Tangible, adalah memberikan
bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara langsung dimanipulasi dan
mencolok. Bit Berwujud mengejar kopling mulus antara dua dunia yang sangat
berbeda bit dan atom.
·
Computer Vision adalah bidang yang
meliputi metode untuk memperoleh, memproses, menganalisis, dan gambar
pengertian dan, pada umumnya, tinggi-dimensi data dari dunia nyata untuk
menghasilkan informasi numerik atau simbolis, misalnya, dalam bentuk keputusan.
Sebuah tema dalam pengembangan bidang ini telah untuk menduplikasi kemampuan
penglihatan manusia secara elektronik mengamati dan memahami gambar. Hal ini
pemahaman gambar dapat dilihat sebagai menguraikan informasi simbolis dari data
citra menggunakan model dibangun dengan bantuan geometri, fisika, statistik,
dan teori pembelajaran.
·
Browsing Audio Data merupakan aktivitas
menjelajahi dunia maya (Internet) untuk mencari informasi yang terkini tanpa
batas dan tanpa birokrasi atau dikenal juga dengan istilah surfing internet (berselancar
di dunia maya), software yang digunakan dikenal dengan nama web browser.
Beberapa contoh web browser adalah Mozilla Firefox, Internet aexplorer, Opera,
Chrome, dll. Audio adalah Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau
gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara
ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat
misalnya di dalam air, batu bara, atau udara yang dapat di tangkap oleh telinga
manusia menjadi sebuah gelombang suara. sedangkan data adalah catatan atas
suatu kumpulan fakta. jadi audio data adalah suatu data-data atau kumpulan dari
suara atau bunyi.
·
Speech Recognition (juga dikenal sebagai
pengenalan suara otomatis, pengenalan komputer pidato, pidato ke teks, atau hanya
STT) mengkonversi kata yang diucapkan dengan teks. Para "pengenalan
suara" istilah kadang-kadang digunakan untuk merujuk pada sistem
pengenalan yang harus dilatih untuk pembicara tertentu-seperti halnya bagi
sebagian besar perangkat lunak pengenal desktop. Menyadari pembicara dapat
menyederhanakan tugas menerjemahkan pidato.
·
Speech Synthesis adalah produksi buatan
manusia pidato . Sebuah sistem komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut
speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak atau
perangkat keras . Sebuah teks-to-speech (TTS) sistem mengkonversi teks bahasa
normal menjadi pidato; sistem lain membuat representasi linguistik simbolik
seperti transkripsi fonetik . dalam pidato Pidato disintesis dapat dibuat
dengan menggabungkan potongan pidato yang direkam yang disimpan dalam basis
data . Sistem berbeda dalam ukuran unit pidato disimpan, sebuah sistem yang
menyimpan telepon atau diphones memberikan rentang output terbesar, tapi
mungkin kurang jelas. Untuk domain penggunaan khusus, penyimpanan seluruh
kata-kata atau kalimat memungkinkan untuk output berkualitas tinggi. Atau,
synthesizer dapat menggabungkan model saluran vokal dan karakteristik suara
manusia untuk membuat benar-benar "sintetik" output suara.
0 komentar:
Posting Komentar